Memilih Mainan Bayi dan Anak Berkualitas 1 Tahun

Memilih Mainan Bayi dan Anak Berkualitas 1 Tahun

Write By: admin Published In: Tips, Kesehatan dan Edukasi Anak Created Date: 2016-03-11 Hits: 14588 Comment: 0

Calypso Lovers! Hati-hati dalam memilih mainan bayi dan anak, jika asal pilih, maka resikonya pun tinggi.


Kenapa kita harus memilih mainan edukasi anak berkualitas?

Manakah mainan yang tepat untuk anak umur dibawah 1 tahun?

Apa saja kriteria mainan bayi yang menarik untuk anak saya?

Mana saja mainan yang baik untuk membantu kemampuan motorik anak saya?

Bagaimana tips untuk memilih mainan yang aman untuk bayi?

Berikut tips memilih Mainan Bayi dan Anak Berkualitas!


Memilih Mainan Bayi dan Anak Berkualitas 1 Tahun

 

Hati-hati dalam memilih mainan bayi dan anak, jika asal pilih, maka resikonya pun tinggi. Memang sangat sulit bagi orang tua untuk mengenali zat kimia yang terkandung di dalam mainan anak, apalagi sekarang banyak mainan edukasi anak yang mengandung zat berbahaya seperti timbal (Pb), merkuri (Hg,) cadmium (Cd) dan chorium (Cr) seperti yang ditemukan oleh Yayasan Lembaga Konsumen (YLKI) pada tahun 2012. Pilihlah selalu mainan anak dari sumber yang terpercaya.

 

Selain kemungkinan dari zat kimia dan cat pewarna berbahaya, kita sebagai orang tua pun harus selektif memilih mainan bayi dan anak yang pas dengan umurnya dan berkualitas. Kenapa kita harus memilih Mainan Anak Berkualitas? Karena ada banyak resiko yang mungkin timbul akibat dari asal membeli mainan edukasi tersebut antara lain tersedak mainan, terluka, alergi kulit hingga menimbulkan resiko penyakit dalam jangka yang panjang akibat zat kimia berbahaya yang terkandung dalam mainan tersebut. Tentunya kita sebagai orang tua tidak mau itu terjadi, karena itulah kita harus memilih yang tepat dan berkualitas.

 

Bayi pada fase umur dibawah 1 tahun memiliki kemampuan yang didominasi oleh kemampuan sensor motorik pada otak anak. Sehingga akan lebih efektif jika kita memberikan mainan pada anak dengan wujud yang lebih mencolok seperti pada warna, badan tekstur dan juga membantunya berimajinasi dan membantu perkembangan motoriknya. 


Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih Mainan Bayi dan Anak Berkualitas untuk umur dibawah 1 tahun:

1.       Mainan yang tidak mempunyai ujung, sudut dan siku yang lancip

Hal ini sangat penting mengingat bayi selalu bergerak aktif kesana kemari, bermain, tertawa dan mengigit semua mainan atau benda yang ditemuinya dan mainan tersebut dapat melukai dirinya sendiri ataupun bila bayi lain sedang bermain dengan mainan yang mempunyai ujung, sudut dan siku yang lancip tersebut bisa melukai anak kita sendiri.

Orang tua sebaiknya memastikan dan mengecek terlebih dahulu mainan yang akan dibelinya dengan cara meraba keseluruhan mainan atau dengan melihat dengan detail gambar yang dijual (bila membeli secara online) apakah mainan tersebut mempunyai ujung yang lancip atau tidak, jangan sampai kita melukai kulit bayi kesayangan kita yang tipis, halus dan lembut itu denganmainan yang salah.


Mainan Edukasi dengan tanpa sudut yang lancip
 


2.       Memiliki warna yang cerah

Penglihatan bayi yang berusia 0-1 bulan hanya sebatas 30 cm,saat berumur 4 bulan dia sudah mulai dapat menilai seberapa jauh suatu bendadari dirinya. Bayi berumur 8 bulan penglihatannya sudah hampir sama dengan orang dewasa dalam hal kejelasan dan persepsi kedalaman. Baru pada usia 12bulan penglihatan pada mata bayi sudah sama seperti orang dewasa normal pada umumnya, memiliki persepsi kedalaman dan dapat mengatakan perbedaan antara dekat dan jauh dan dapat mengenali orang-orang dari kejauhan. Memilih mainan dengan warna yang cerah dan kontras akan menarik perhatian si buah hati, membuat rasa keingin tahuan dan rasa ingin meraih mainan tersebut akan timbul sehingga dapat merangsang gerakan pada bayi untuk lebih aktif dan otomatis melatih motorik anak. Maka perkembangan visual dengan mainan berwarna cerah akan sangat membantunya.

Mainan Berkualitas dengan warna yang cerah


  

3.       Mainan yang berbunyi

Seiring pertumbuhan bayi, bayi senang menguncang-guncangkan mainannya sendiri, dia juga senang memandangi mainan yang dapat berbunyi dan mendengarkan suara-suara dan musik berirama pelan. Biarkan bayi menjangkau dan membunyikannya dengan tangannya sendiri. Selain dapat melatih kemampuan motorik, mainan yang berbunyi juga dapat melatih kecerdasan bayi. Berbagai cara membunyikan mainan juga dapat mengasah kemampuan auditif bayi. Bayi akan mencari asal bunyi yang didengarnya, yang akan membantu bayi merangkak dan membantu bayi berjalan untuk memfokuskan perhatiannya. Selain itu mainan yang berbunyi juga dapat menghibur dan menarik perhatiannya ketika dalam keadaan rewel.

Namun hindari mainan yang mengeluarkan suara yang terlalu bising atau terlalu keras. Demi kesehatan pendengaran dan psikologi anak, sebaiknya hindari mainan yang memiliki frekuensi suara >60 desibel. Penelitian juga membuktikan bahwa anak yang selalu mendengar suara yang terlalu bising atau terlalu keras akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologinya.

Mainan Bayi 1 Tahun dengan bunyi



4.       Mainan dengan tekstur yang tidak rata

Bayi berusia 0-4 bulan mulai mengenal dan belajar tekstur benda. Memberikan mainan dengan berbagai tekstur bermanfaat memberikan rangsangan untuk bayi tumbuh lebih baik. Carilah mainan bertekstur yang berbeda-beda, seperti berbahan lembut, kasar, bulat kecil, bulat besar, permukaan halus, permukaan kasar dan lainnya. Indra peraba pada bayi akan terangsang ketika diberikan beberapa mainan yang memiliki tekstur yang berbeda, bayi juga dapat belajar berbagai aneka bentuk yang ada. Biarkanlah bayi belajar merasakannya dan pastikan mainan tersebut aman dan bersih bila mainan tersebut digigit bayi.

Mainan Anak 1 Tahun dengan tekstur tidak rata



5.       Mainan untuk digigit dan bebas toxic

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas berbahayanya zat kimia pada mainan anak bila kita asal membeli mainan karena mainan tersebut akan langsung berhubungan dengan mulut bayi. Anak dibawah 1 tahun selalu akan memasukkan ke mulut apapun yang membuatnya menarik. Selain karena rasa gatal pada gusi bayi akibat proses tumbuh gigi, itu adalah pertanda bayi mulai dalam eksplorasi oral. Hal tersebut tidak perlu dicegah dan adalah proses alami yang harus dilalui. Bila bayi ingin tahu tentang rasa atau tekstur dari sesuatu,maka ia akan memasukkan barang tersebut ke dalam mulut, pastikan mainan yang digigit tidak memiliki ujung, siku, sudut yang lancip dan bebas toxic.

Memberikan mainan untuk digigit akan membantu mengobati sakit pada gusi yang dialami bayi dan juga merangsang pertumbuhan giginya. Pastikan mainan tersebut bisa dicuci dan mudah dibersihkan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangannya yah.

Mainan Bayi 6 Bulan untuk digigit

 


6.       Mainan dengan bentuk yang sesuai

Tidak boleh sembarangan dalam memilih bentuk mainan anak dibawah 1 tahun. Bentuk mainan yang tidak aman bisa membuat anak tersedak hingga kematian. Pilihlah mainan yang cukup besar, setidaknya sampai anak berusialebih dari umur 3 tahun.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan bentuk mainanuntuk anak dibawah 1 tahun adalah:

  •       Jangan sampai ada bagian-bagian kecil dari mainan yang bisa dicopot, karena itu akan beresiko membuat anak tersedak.
  •     Hindari membeli mainan yang memiliki tali,benang atau pita yang panjang karena bisa menyebabkan benda tersebut melilit dileher dan mencekiknya
  •     Jangan membeli kelereng, koin atau bola-bola yang berdiameter lebih kecil dari mulut bayi Anda.
  •     Mainan yang menggunakan baterai harus ditutup rapat dan dipasangkan sekrupnya, dikunci dengan kencang sehingga bayi tidak bisa membukanya. Kecelakaan anak yang disebabkan oleh mainan berbaterai dapat menyebabkan pendarahan dan terbakar oleh bahan-bahan kimia.

Mainan Bayi dibawah 1 tahun dengan bentuk yang aman



Sebagai orang tua memang kita harus sangat selektif memilih mainan edukasi untuk anak. Dengan membeli Mainan Anak dan Bayi 1 Tahun Berkualitas dan sesuai dengan umurnya, orang tua pun tidak cemas, lebih tenang dan bebas untuk beraktifitas karena mengetahui keamanan dan kualitas dari mainan tersebut.

 

Calypso Lovers, coba yuk kita lihat mainan edukasi yang dijual di Calypso Land yang telah dikenal menjual mainan edukasi berkualitas tinggi dan diimport dari Amerika, Inggris dan Eropa. Salah satunya adalah mainan edukasi dengan merk Mainan Edukatif Miniland EducationalMerk yang berasal dari negara Spanyol ini telah dikenal dan dijual ke lebih dari 50 negara di dunia loh!

Link lainnya yang berguna:

Mainan Anak 1 Tahun | Mainan Anak 2 Tahun | Mainan Anak 3 Tahun | Mainan Anak 6 Tahun | Alat Peraga Sekolah 12 Tahun